http://3.bp.blogspot.com/_GREoz8qxzKQ/TUkfxOmbboI/AAAAAAAABOI/oYTrYBbO0uw/s1600/cahyo-banner.png

Tuesday, February 8, 2011

20 Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang "Nyamuk"

  1. Nyamuk tidak menggigit, melainkan menghisap.
  2. Terdapat lebih 2.500 jenis nyamuk di Planet Bumi. Beberapa pakar serangga bahkan menyebutkan angka 3.000. Ribuan jenis nyamuk tersebar dari kawasan tundra di Arctic yang dingin sampai daerah hutan tropis yang terik. Kebanyakan bergerak aktif pada waktu dini dan malam hari. Ada juga jenis nyamuk yang mencari makan di tengah hari.
  3. Nyamuk lebih suka tempat yang gelap seperti pohon dan semak-semak. Itu sebabnya nyamuk lebih suka mengincar korban manusia yang mengenakan pakaian berwarna gelap ketimbang warna terang.
  4. Seperti manusia, nyamuk juga punya selera. Ada nyamuk yang doyan darah manusia, ada yang lebih suka darah kuda, burung, kodok, atau kura-kura.
  5. Dibutuhkan sekitar 1.200.000 nyamuk dan masing-masing menghisap satu kali untuk bisa secara total mengeringkan darah dari tubuh seorang manusia.
  6.  Kedengarannya berlebihan dan mustahil, tapi di Arctic (sekitar kutub Utara), sejumlah periset Kanada yang bertelanjang tangan, kaki, dan dada dilaporkan terkena 9.000 gigitan per menit dari sekelompok nyamuk yang baru menetas. Dengan jumlah gigitan sebanyak itu, seseorang bisa kehilangan seluruh darah di dalam tubuhnya dalam waktu 2 jam.
  7.  Sayap nyamuk mengepak sebanyak 300-600 kali per detik
  8. Para peneliti di Kanada itu memasang sinyal kimia pada nyamuk-nyamuk yang dijadikan kelinci percobaan. Begitu seekor nyamuk kenyang, sinyal kimia itu tertutup dan menghalangi masuknya darah. Kalau sinyal itu macet, nyamuk akan terus menghisap darah sampai tubuhnya meledak.
  9. Menurut penelitian yang diadakan oleh Universitas Bristol, kuping nyamuk jantan dilengkapi dengan sensor dalam jumlah yang sama dengan kuping manusia. Sensor-sensor itu memungkinkan nyamuk jantan mengejar nyamuk betina yang sedang berkeliaran.
  10. Kalau nyamuk jantan berhasil mendeteksi suara dengung nyamuk betina, dalam waktu satu atau dua detik dia mulai melakukan pengaturan suara agar dengung yang keluar dari tubuhnya selaras dengan dengung nyamuk betina. Nyamuk butuh waktu lebih lama untuk melakukan pengaturan suara seperti itu.
  11.  Nyamuk bisa kawin di udara dalam waktu 15 detik terhitung sejak pedekate dengan nyamuk yang ditaksirnya.
  12.  Nyamuk jantan adalah pemakan sayur-sayuran alias vegetarian. Mereka hanya mengkonsumsi sari tumbuhan. Nyamuk betinalah yang menghisap darah karena membutuhkan protein untuk menghasilkan telur.
  13. Jutaan tahun yang lalu, nyamuk berukuran tiga kali lipat dibandingkan nyamuk zaman sekarang.
  14. Nyamuk mendeteksi manusia melalui helaan nafas, terutama di saat manusia tidur atau baru berolahraga.
  15. Di kawasan Amerika Tengah terdapat wilayah yang diberi nama Mosquito Coast atau Pantai Nyamuk. Nama itu bukan diilhami nyamuk, melainkan salah ucap nama suku asli Indian, Miskito.
  16. Abuja, Nigeria, adalah markas jaringan nyamuk terbesar. Pada tahun 2000 dikampanyekan gerakan nasional anti malaria dan penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk lainnya.
  17. Jutaan orang saat ini akan tewas akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Malaria saja merebut 1.000.000 nyawa per tahun di Afrika.
  18. Penyakit AIDS tidak ditularkan melalui nyamuk. Manusia yang terinfeksi HIV hanya sedikit mengandung virus HIV di dalam darahnya. Kalaupun nyamuk menghisap darah manusia yang terkena HIV, virus itu akan mati dalm system pencernaan nyamuk.
  19. Penyakit malaria yang disebarkan nyamuk telah merenggut nyawa setengah populasi planet Bumi sejak Zaman Batu. Berarti nyamuk resmi memegang gelar pembunuh manusia paling ganas padahal bobot tubuhnya hanya 1/25.000 ons.
  20. Goresan di kulit akibat gigitan nyamuk adalah reaksi alergi terhadap liur nyamuk yang disuntikkan ke tubuh kita guna mencegah pembekuan darah.

0 comments:

Post a Comment